Resep Lengkap Membuat Beef Wellington, Hidangan Mewah Khas Eropa

Meatguy Steakhouse by   Leo Bisma chef December 28, 2023

Beef wellington merupakan hidangan istimewa khas Eropa yang terdiri dari daging sapi berbalut pastry. Resep ini cukup rumit dengan beberapa teknik agar beef wellington tidak gagal.

Resep Lengkap Membuat Beef Wellington, Hidangan Mewah Khas Eropa

Apa Itu Beef Wellington?

Beef Wellington adalah hidangan daging sapi yang terkenal berasal dari Eropa. Hidangan ini dinamakan demikian untuk menghormati Arthur Wellesley, yang merupakan Adipati Wellington pertama serta perdana menteri Inggris pada abad ke-19.

Adapun ciri khas dari Beef Wellington adalah potongan tenderloin daging sapi yang dibungkus dengan pastry puff sebelum dipanggang. Beberapa versi resep menambahkan pâté, jamur, dan bahan pelapis lainnya sebelum membungkus daging tersebut. Tujuannya agar daging tetap lembap dan beraroma saat matang.

Asal Usul Penamaan

Beef Wellington pertama kali muncul pada abad ke-19 di Inggris. Hidangan ini diberi nama menurut julukan Adipati Wellington yang terkenal karena mengalahkan Napoleon dalam Perang Waterloo. Karena itu, Beef Wellington dianggap sebagai simbol kemenangan dan kejayaan Inggris pada masa itu.

Popularitas Beef Wellington

Kepopuleran Beef Wellington semakin meluas pada abad ke-20, tidak hanya di Eropa tapi juga Amerika. Bahkan beberapa presiden Amerika dan koki terkenal dunia seperti Julia Child memasukkan resep ini ke dalam buku masakan mereka. Sampai sekarang, Beef Wellington kerap disajikan di restoran hotel berbintang sebagai hidangan utama yang mewah.

Daging Apa yang Digunakan untuk Membuat Beef Wellington

Daging yang digunakan untuk membuat beef wellington adalah daging tenderloin sapi. Selain itu, beberapa resep menambahkan daging sukiyaki sebagai lapisan tambahan sebelum dibungkus dengan puff pastry.

Jadi, secara umum jenis daging yang paling sering digunakan adalah tenderloin sapi karena teksturnya yang empuk dan mudah dipanggang. Daging sukiyaki juga bisa ditambahkan untuk memberikan cita rasa yang lebih kaya.

Kedua jenis daging ini dipilih karena memiliki tekstur lembut dan mudah dimasak dengan cara dipanggang. Saat dipanggang, daging akan mengeluarkan jus yang membuat adonan puff pastry menjadi lebih lezat.

Oleh karena itu, tenderloin sapi dan daging sukiyaki adalah pilihan terbaik untuk membuat beef wellington agar menghasilkan hidangan yang sempurna.

Baca juga: Makanan Western di Indonesia, Temukan Semuanya Disini!

Resep Beef Wellington

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging tenderloin sapi

  • 200 gram daging sukiyaki - potong dadu kecil

  • 200 gram jamur kancing atau jamur campignon - cincang halus

  • 2 buah bawang bombay - cincang halus

  • 3 siung bawang putih - cincang halus

  • 2 sendok makan mentega

  • 2 sendok makan minyak zaitun

  • 1 lembar puff pastry

  • 12 lembar prosciutto

  • 2 butir telur ayam - kocok lepas

  • 2 sendok teh mustard

  • Garam, merica, dan oregano secukupnya

Cara Memasak:

  1. Panaskan oven ke suhu 180 derajat Celsius.

  2. Lumuri daging tenderloin dengan garam, merica, dan oregano.

  3. Lelehkan 1 sendok makan mentega dan 1 sendok makan minyak zaitun. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan jamur hingga harum. Tambahkan daging sukiyaki, aduk rata. Sisihkan.

  4. Letakkan 6 lembar prosciutto di atas papan. Oleskan campuran daging dan jamur tumis di atas prosciutto. Letakkan daging tenderloin di tengah. Bungkus dengan prosciutto.

  5. Gulung adonan puff pastry. Letakkan daging tenderloin yang sudah dibungkus prosciutto di tengah gulungan puff pastry. Tutup dan rapikan adonan.

  6. Oles permukaan puff pastry dengan campuran kuning telur dan mustard. Buat pola diagonal pada permukaan puff pastry.

  7. Panggang selama 30-40 menit hingga puff pastry matang kecoklatan. Angkat dan sajikan.

Itulah beberapa tips dan trik sederhana namun penting dalam memasak entrecôte steak ala restoran Prancis. Dengan melakukannya, dijamin steak buatan Anda akan terasa lebih lezat dan juicy!

Cara Penyajian dan Pendamping Beef Wellington

Beef Wellington sebaiknya disajikan dalam keadaan hangat agar tekstur daging dan kulit pastrynya terjaga. Potong Beef Wellington menjadi irisan-irisan porsi dan tata di piring saji. Beberapa makanan yang cocok menjadi pendamping Beef Wellington antara lain:

  • Kentang tumbuk dengan bawang putih panggang

  • Ratatouille (campuran sayuran panggang)

  • Buncis dan wortel rebus

  • Kacang polong dengan mint

Pilihan pendamping tersebut akan melengkapi rasa dan tekstur Beef Wellington.

Baca juga: Teknik Memasak Steak Dan Kesalahan Umum Yang Harus Anda Hindari!

Kesalahan Umum Membuat Beef Wellington

Beberapa kesalahan yang sering terjadi saat membuat Beef Wellington antara lain:

Daging kurang matang

Ini biasanya terjadi karena suhu oven yang kurang panas atau waktu memanggang yang terlalu singkat. Akibatnya, bagian dalam daging masih belum matang sempurna saat disajikan. Pastikan oven dipanaskan dengan suhu 200°C dan daging dipanggang selama 45 menit atau lebih agar benar-benar matang.

Kulit pastry kurang renyah

Bisa jadi karena puff pastry yang digunakan kurang berkualitas atau cara membungkus daging yang kurang rapi. Pastikan gunakan puff pastry dengan kandungan lemak tinggi agar kerenyahan terjaga. Rapikan bungkusan sebelum dipanggang agar tidak bocor.

Rasa kurang pas

Biasanya karena kurangnya bumbu dan penggunaan duxelles atau pâté yang tidak sesuai takaran. Pastikan gunakan bumbu dan bahan isian secukupnya agar rasanya balance.

Daging keras dan alot

Ini umumnya terjadi jika daging yang digunakan bukan tenderloin atau has dalam. Gunakan bagian tenderloin atau has dalam sapi pilihan agar teksturnya tetap empuk meski sudah dipanggang.

Demikian pembahasan mengenai kesalahan umum dalam membuat Beef Wellington. Semoga informasi ini bisa membantu menghindari kegagalan saat membuat hidangan lezat ini.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Bumbu Marinasi Daging Grill ala Restoran

Demikian resep lengkap beserta teknik memasak beef wellington agar dapat menghasilkan hidangan yang sempurna. Beef wellington merupakan sajian istimewa yang cocok disajikan untuk berbagai acara spesial. Meskipun cara pembuatannya cukup rumit dan memakan waktu, hasil akhir yang didapatkan sangat memuaskan.

Daging tenderloin yang lembut berpadu sempurna dengan citarasa gurih dari jamur dan kulit pastry yang renyah. Penyajiannya yang elegan juga membuat beef wellington pantas menjadi hidangan utama di restoran kelas atas. Semoga informasi dalam artikel ini bisa menjadi panduan berguna bagi Anda yang ingin mencoba membuat beef wellington sendiri di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati!"

Jika para Meat Enthusiast ingin merasakan pengalaman menikmati hidangan steak dengan daging terbaik, seperti ribeye, tenderloin, hingga tomahawk, semua potongan steak kami sajikan dengan standar terbaik di Meatguy Steakhouse

Segera reservasi untuk menikmati pengalaman bersantap kelas dunia di Meatguy Steakhouse.

Copyrights ⓒ 2024 Meatguy Steakhouse | PT. Daging Grup Jakarta