Teknik Memasak Steak Dan Kesalahan Umum Yang Harus Anda Hindari!

Meatguy Steakhouse by   Leo Bisma chef October 05, 2023

Temukan segala yang Anda perlu tahu tentang teknik memasak steak dalam artikel ini. Mulai dari pemilihan potongan daging, teknik memasak, hingga kesalahan yang sering dilakukan!

Teknik Memasak Steak Dan Kesalahan Umum  Yang Harus Anda Hindari!

Steak daging sapi adalah salah satu pilihan utama bagi penikmat daging yang mencari kombinasi sempurna antara rasa dan tekstur. Di Meatguy Steakhouse, kami memahami pentingnya setiap aspek ini dan kami ingin membagikan pengetahuan kami tentang apa yang membuat steak daging sapi berkualitas. 

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan informasi penting tentang kualitas dan teknik memasak, cara mengukur tingkat kematangan daging, dan bagaimana menyajikan beef steak untuk pengalaman yang berkesan.

Steak Daging Sapi Berkualitas

Membuat steak daging sapi yang memukau bukanlah hal yang sederhana; ini adalah proses yang membutuhkan perhatian pada berbagai faktor penting. Di bawah ini adalah bebepapa elemen yang mempengaruhi kualitas sebuah steak:

Pemilihan Daging

Langkah pertama untuk mendapatkan steak yang sempurna adalah memilih daging dengan kualitas yang tinggi. Daging yang ideal memiliki keseimbangan antara serat daging dan lemak berurat, yang keduanya mempengaruhi tekstur dan rasa.

Suhu dan Waktu Memasak

Memahami suhu yang tepat untuk memasak steak adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang optimal. Dimulai dari suhu kamar, dan selalu gunakan termometer daging untuk memastikan tingkat kematangan yang diinginkan. Penting untuk menggunakan satuan suhu Celcius dalam semua pengukuran.

Alat dan Perlengkapan

Peralatan memasak yang tepat bisa membuat perbedaan. Misalnya, grill dari besi cor sangat efektif dalam mempertahankan panas, memastikan bahwa daging matang secara merata.

Bumbu dan Rempah

Terkadang, keindahan terletak pada kesederhanaan. Garam dan merica bisa lebih dari cukup untuk menghadirkan rasa daging sapi yang kaya, tetapi ada pula opsi lain jika Anda ingin menambah variasi.

Memilih Potongan Daging yang Tepat

Salah satu aspek kunci dari sebuah steak daging sapi yang sempurna adalah pemilihan potongan dagingnya. Ada berbagai jenis potongan daging sapi yang cocok untuk dijadikan steak, antara lain:

Sirloin

Bagian ini terletak di bagian belakang sapi, kaya rasa dan sedikit lebih keras dibanding potongan lain.

Tenderloin

Bagian daging yang paling lembut dan mahal, ideal untuk steak filet mignon.

Rib Eye

Dikenal karena tekstur lembut dan lemak yang melimpah, memberikan rasa yang kaya.

T-Bone

Merupakan kombinasi dari tenderloin dan sirloin, dilengkapi dengan tulang T di tengah, memberikan keseimbangan rasa dan tekstur.

Sekarang, untuk menjawab pertanyaan, "Apakah daging untuk steak harus dicuci dulu?" -- jawabannya adalah tidak disarankan. 

Mencuci daging sebenarnya bisa menyebabkan penyebaran bakteri di dapur Anda. Selain itu, kelembaban dari air akan menghambat proses pembentukan kerak yang gurih saat memasak.


Baca juga: Kandungan Gizi dalam Daging dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Teknik Memasak Beef Steak

Untuk menghasilkan steak yang memuaskan, menguasai berbagai teknik memasak adalah hal yang esensial. Teknik memasak steak apa saja yang bisa Anda terapkan?

Grill

Teknik ini menghasilkan aroma asap dan kerak yang khas, ideal untuk potongan daging yang lebih tebal.

Pan-Searing

Cocok untuk potongan daging yang lebih tipis, teknik ini memanfaatkan panas tinggi untuk membentuk kerak yang gurih.

Sous-Vide:

Dalam metode ini, daging dimasak pada suhu rendah dalam vakum selama beberapa jam, menghasilkan tekstur yang sangat lembut dan rasa yang merata.

Memilih teknik yang tepat tergantung pada jenis potongan daging dan hasil akhir yang Anda inginkan. Dalam pengukuran suhu dan berat, pastikan untuk menggunakan sistem metrik yang sesuai, seperti Celcius untuk suhu dan gram untuk berat.

Baca juga: 5 Bumbu Steak Favorit yang Harus Anda Coba

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari

Dalam dunia memasak steak, kesempurnaan adalah tujuan yang selalu dikejar, tetapi ada kalanya kita melakukan kesalahan yang merusak momen tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum yang sering terjadi dan cara menghindarinya:

1. Menggunakan Daging Dingin

Memasak daging langsung dari kulkas adalah kesalahan besar. Daging harus dibiarkan mencapai suhu ruang terlebih dahulu untuk hasil memasak yang merata.

2. Pemanggang Belum Panas

Sebelum menempatkan daging di atasnya, pastikan wajan atau panggangan sudah cukup panas. Pemanasan yang tidak memadai bisa membuat daging kehilangan kelembutan dan kejusannya.

3. Membolak-balik Daging Terlalu Sering

Kesabaran adalah kunci saat memasak steak. Membolak-balik daging terlalu sering akan mengganggu proses karamelisasi yang memberikan rasa dan tekstur luar yang sempurna pada steak.

4. Tidak Melakukan Resting 

Setelah proses memasak selesai, daging harus diistirahatkan selama beberapa menit agar jusnya meresap kembali. Ini akan membuat steak Anda lebih juicy dan lezat.

5. Menggunakan Alat yang Salah

Menggunakan garpu untuk membolak-balik daging adalah ide yang buruk karena bisa membuat jus daging keluar. Gunakanlah pencapit atau spatula.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Bumbu Marinasi Daging Grill ala Restoran

Cara Menguji Tingkat Kematangan Steak

Memastikan tingkat kematangan steak adalah langkah krusial yang seringkali diabaikan. Berikut adalah beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk mengukur tingkat kematangan steak.

Uji Jari

Tekan bagian tengah steak dengan jari Anda. Jika permukaannya kenyal dan cepat kembali ke bentuk semula, berarti steak masih mentah. Sebaliknya, jika permukaannya keras, berarti steak sudah matang.

Termometer Daging

Alat ini sangat membantu untuk mengetahui suhu internal daging. Untuk steak medium-rare, suhu internal idealnya adalah sekitar 55°C, sementara untuk steak well-done, suhu internalnya adalah 71°C atau lebih.

Metode Waktu

Biasanya, setiap jenis dan ukuran steak memerlukan waktu memasak yang berbeda. Anda bisa menggunakan panduan waktu sebagai patokan, meski metode ini kurang akurat dibandingkan menggunakan termometer daging.

Cara Menyajikan Steak

Penyajian steak yang tepat akan meningkatkan kepuasan Anda dan orang-orang yang akan menikmatinya. Berikut beberapa saran penyajian:

Saus

Berbagai jenis saus bisa menambah dimensi rasa pada steak Anda. Saus bernuansa asam seperti saus chimichurri atau bernuansa manis seperti saus BBQ bisa menjadi pilihan menarik.

Menu pendamping

Legumes, kentang tumbuk, atau salad seringkali menjadi pilihan yang pas sebagai pelengkap steak.

Ingatlah selalu bahwa teknik dan cara penyajian ini tidak sekadar tentang memasak, tetapi juga tentang menciptakan momen yang tak terlupakan bersama steak sempurna. 

Selamat mencoba teknik memasak steak ini di rumah, dan jika Anda menginginkan pengalaman yang lebih otentik, kami menantikan kunjungan Anda di  Meatguy Steakhouse.


Copyrights ⓒ 2024 Meatguy Steakhouse