Tomahawk, Steak Premium Yang Kini Sedang Populer!

Meatguy Steakhouse by   Leo Bisma chef September 21, 2023

Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa Tomahawk selalu menjadi pusat perhatian di setiap daftar menu steakhouse? Artikel ini akan mengungkap semua yang perlu Anda ketahui tentang Tomahawk sebagai pilihan steak premium.

Tomahawk, Steak Premium Yang Kini Sedang Populer!

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam mengenai "Tomahawk adalah," salah satu jenis steak yang tengah naik daun dan banyak diminati para penggemar daging.

Apa yang Dimaksud Tomahawk?

Tomahawk adalah jenis steak yang berasal dari bagian rusuk sapi, mirip dengan rib eye. Namun, apa yang membedakannya adalah panjang tulang rusuk yang masih melekat pada daging. Ini memberikan tampilan yang unik dan seringkali digunakan untuk tujuan presentasi.

Lalu, tomahawk dari Daging Apa? Tomahawk adalah potongan daging dari bagian rusuk sapi, sama seperti rib eye. Yang membedakannya adalah tulang rusub yang lebih panjang.

Kelebihan dan Kekurangan Memilih Tomahawk

Memilih jenis steak yang tepat untuk sebuah acara atau makan malam istimewa bisa menjadi sebuah dilema. Jika Anda mempertimbangkan Tomahawk sebagai pilihan, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan

Kelebihan

Tampilan Menarik: Dengan tulang yang panjang dan bentuknya yang khas, Tomahawk steak menjadi pusat perhatian di setiap acara. Presentasi visualnya adalah salah satu alasan mengapa orang memilih potongan ini.

Rasa yang Lezat: Karena berasal dari bagian daging yang sama dengan rib eye, Tomahawk menawarkan rasa yang kaya dan lezat. Tomahawk adalah pilihan yang bagus jika menginginkan steak yang benar-benar punya rasa yang unik dan mengesankan.

Ideal untuk Berbagi: Dengan berat sekitar 900 gram hingga 1,2 kg, potongan ini ideal untuk dibagikan antara dua atau lebih orang, menjadikannya pilihan yang ekonomis untuk makan bersama.

Kekurangan

Harga: Karena ukurannya yang besar dan tampilannya yang mengesankan, Tomahawk cenderung lebih mahal dibandingkan potongan steak lain.

Waktu Memasak: Memasak Tomahawk memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan potongan daging yang lebih kecil. Suhu bagian dalam pada daging yang ideal adalah sekitar 55-60°C untuk tingkat kematangan medium-rare.

Kepraktisan: Jika Anda memasak di rumah, perlu diingat bahwa Anda akan membutuhkan grill atau oven dengan ukuran yang cukup besar untuk menampung Tomahawk.

Pada akhirnya, pilihan untuk memilih Tomahawk bergantung pada preferensi pribadi dan apa yang Anda cari dalam sebuah steak. Ini adalah potongan daging yang menawarkan lebih dari sekedar rasa; ini adalah sebuah pengalaman kuliner.

Baca juga: Saus Black Pepper, Resep dan Cara Membuatnya!

Tips Memasak Tomahawk

Jika Anda telah memutuskan untuk memilih potongan Tomahawk untuk memasaknya sendiri, beberapa tips berikut ini bisa menjadi panduan yang sangat membantu. 

Memasak Tomahawk tidak hanya mengenai suhu dan waktu, tetapi juga tentang tentang mengolahnya dengan tepat sehingga dapat mengeluarkan rasa serta tekstur terbaiknya.

1. Persiapan Daging

  • Sebelum memulai, pastikan daging telah mencapai suhu ruangan. Ini akan membantu daging memasak lebih merata.

  • Gunakan garam dan lada hitam sebagai bumbu dasar. Anda bisa juga menambahkan bumbu lain sesuai selera, tetapi ingatlah bahwa daging berkualitas tinggi seperti Tomahawk biasanya tidak membutuhkan banyak bumbu.

2. Pemilihan Alat

  • Anda akan membutuhkan grill atau oven yang bisa mencapai suhu tinggi. Pastikan alat tersebut cukup besar untuk menampung ukuran Tomahawk.

  • Gunakan termometer saat memasak. Termometer adalah alat yang sangat penting untuk memastikan daging dimasak hingga tingkat kematangan yang diinginkan. Suhu internal yang ideal adalah antara 55-60°C untuk tingkat kematangan medium-rare.

3. Proses Memasak

  • Bersiap-siap untuk melakukan searing. Awali dengan memanaskan grill atau oven hingga sekitar 220-230°C. Lakukan searing atau pembakaran cepat pada permukaan daging di suhu tinggi selama sekitar 2-3 menit per sisi untuk membentuk lapisan karamelisasi yang lezat.

  • Setelah itu, turunkan suhu menjadi sekitar 135°C dan lanjutkan memanggang daging dengan suhu rendah, hingga daging mencapai suhu internal yang diinginkan. Proses ini bisa memakan waktu sekitar 15-25 menit, tergantung pada ketebalan daging.

4. Resting

Sebelum dipotong lebih kecil untuk disajikan,, biarkan daging mengalami masa resting, selama sekitar 10 menit untuk memastikan kandungan juice meresap kembali ke dalam daging.

Memasak Tomahawk memang memerlukan perhatian dan waktu, tetapi hasil akhirnya adalah sebuah hidangan yang tidak hanya menggugah selera tetapi juga menghadirkan pengalaman makan yang luar biasa. Selamat memasak!

Baca juga: 11 Bagian Daging Sapi dan Cara Terbaik Memasaknya!

Best Steak Tomahawk Jakarta

Jika Anda mencari tempat yang sempurna untuk menikmati Tomahawk steak, tak perlu mencari lebih jauh lagi. Meatguy Steakhouse adalah satu-satunya pilihan yang memenuhi seluruh kriteria: kualitas daging, teknik memasak, dan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Menu Unggulan: THE HANGING TOMAHAWK "GODFATHER"

Detail: Australian Wagyu, 400 hari diberi pakan biji-bijian. (Disajikan dengan Pomme Purée & Sautéed mushroom)

Meatguy Steakhouse memahami bahwa sebuah potongan Tomahawk lebih dari sekedar steak, tetapi juga sebuah perayaan. "THE HANGING TOMAHAWK 'GODFATHER'" adalah menu andalan kami. 

Diambil dari daging wagyu Australia terbaik yang telah diberi pakan biji-bijian selama 400 hari. tidak hanya menjanjikan rasa dan tekstur yang luar biasa, tetapi juga penyajian yang benar-benar spektakuler.

Hint rasa asap khas dari proses pengasapan yang berlangsung selama jam-jam yang panjang, dan disajikan dengan Pomme Purée yang lembut dan jamur yang telah ditumis hingga sempurna, menu ini adalah definisi dari makanan mewah.

Ketika Tomahawk ini dihidangkan, Anda tahu bahwa Anda berada di tempat yang tepat untuk menikmati pengalaman kuliner yang luar biasa. Untuk pengalaman menyantap daging sapi yang sejati, kami mengundang Anda untuk mengunjungi Meatguy Steakhouse.

Copyrights ⓒ 2024 Meatguy Steakhouse