Nikmati Kelezatan Salisbury Steak, Ini Resep dan Tips Memasaknya!

Meatguy Steakhouse by   Leo Bisma chef December 22, 2023

Pertama kali dipopulerkan oleh seorang dokter gizi bernama dr. J.H. Salisbury pada tahun 1897. Salisbury steak dikenal sebagai salah satu versi dari hamburger dan sering disajikan dengan pelengkap seperti kentang tumbuk, sayuran, dan saus.

Nikmati Kelezatan Salisbury Steak, Ini Resep dan Tips Memasaknya!

Salisbury Steak

Salisbury steak adalah sajian makanan yang berasal dari Amerika dan dibuat dari campuran daging sapi cincang dan bahan lainnya. Salisbury steak memiliki cita rasa yang kenyal dan kombinasi manis dan asam dari saus khasnya.

Salisbury steak bisa dibuat dengan menggunakan resep yang berbeda, tetapi secara umum, bahan-bahan yang digunakan meliputi daging sapi cincang, telur, dan bread crum khas Italia.

Selain itu, Salisbury steak juga dapat disajikan dengan berbagai sides yang sesuai, seperti mash potato, sayuran segar, atau condiment lainnya. Side dish ini tidak hanya menambah cita rasa makanan, tetapi juga memberikan penyajian yang lebih menarik dan rasanya yang lebih nikmat.

Baca juga: Apa Itu Dry Aged? Keistimewaan Steak Terpopuler di Meatguy Steakhouse

Perbedaan Salisbury Steak Dengan Hamburger Steak

Salisbury steak dan hamburger steak adalah dua jenis hidangan daging yang serupa tetapi memiliki perbedaan penting. Ini dia beberapa poin penting yang membedakan:

1. Komposisi Daging

Salisbury Steak: Biasanya dibuat dari campuran daging sapi giling, roti atau biskuit yang diremukkan, telur, dan bumbu. Campuran ini kemudian dibentuk menjadi steak.
Hamburger Steak: Terbuat dari daging sapi giling murni atau kadang-kadang campuran daging sapi, tanpa penambahan roti atau bahan pengikat lainnya.

2. Bumbu dan Penyajian

Salisbury Steak: Disajikan dengan saus yang lebih kental, seringkali saus coklat atau saus berbasis tomat, dan kadang-kadang disajikan dengan bawang atau jamur.

Hamburger Steak: Biasanya disajikan lebih sederhana, seringkali hanya dengan garam dan merica, dan kadang-kadang disajikan dengan saus sederhana atau tanpa saus.

3. Sejarah dan Asal

Salisbury Steak: Dinamai dari Dr. James H. Salisbury, yang merekomendasikan diet daging sapi giling untuk kesehatan pada abad ke-19.

Hamburger Steak: Berasal dari konsep steak daging giling yang populer di Jerman dan diimpor ke Amerika oleh imigran, terutama dari Hamburg, sehingga mendapatkan namanya.

4. Tekstur

Salisbury Steak: Teksturnya cenderung lebih lembut dan lebih halus karena penambahan roti dan telur.

Hamburger Steak: Memiliki tekstur yang lebih padat dan mirip dengan burger karena terbuat dari daging giling murni.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Bumbu Marinasi Daging Grill ala Restoran

Apa bahan-bahan yang perlu ada untuk membuat Salisbury Steak?

Untuk membuat Salisbury Steak, Anda memerlukan bahan-bahan berikut:

1. Daging Sapi Cincang

Daging sapi cincang adalah bahan utama dalam pembuatan Salisbury Steak. Daging ini biasanya dibumbui dan dibentuk menjadi bulatan seperti steak.

2. Telur 

Telur digunakan untuk mencampur dan mengikat bahan-bahan dalam pembuatan patty Salisbury.

3. Remah Roti Italia

Remah roti Italia atau tepung roti digunakan sebagai pengikat dan untuk memberikan tekstur pada patty Salisbury.

4. Bawang Putih

Bawang putih memberikan rasa dan aroma yang khas pada Salisbury Steak.

5. Saus Worcestershire

Saus ini memberikan rasa gurih dan sedikit asam yang khas pada Salisbury Steak.

6. Mustard Kering

Mustard kering digunakan untuk memberikan rasa yang khas dan kompleks pada patty Salisbury.

7. Garam dan Merica

Garam dan merica digunakan untuk menyesuaikan rasa pada Salisbury Steak.

8. Minyak Goreng

Minyak goreng digunakan untuk menggoreng patty Salisbury hingga matang.

Beberapa resep juga mungkin menambahkan bahan-bahan tambahan seperti susu, keju, jamur, atau bahan lain sesuai selera. Dengan bahan-bahan ini, Anda dapat membuat Salisbury Steak yang lezat dan kenyal sesuai dengan selera Anda

Resep Salisbury Steak

Berikut adalah resep Salisbury Steak yang dapat Anda coba:

Bahan-bahan:

  • 453 gram daging sapi cincang

  • 1/2 cangkir tepung roti

  • 2 sendok teh mustard kering

  • 1 sendok teh saus Worcestershire

  • 1 sendok makan saus tomat

  • 1 sendok teh kaldu sapi

  • Garam dan lada hitam secukupnya

  • 1 sendok makan mentega

  • 1 sendok teh tepung maizena

  • 1 bawang bombai

  • 2 cangkir air

  • Tanpa garam mentega secukupnya

Cara Memasak:

  1. Campur daging giling, tepung roti, mustard kering, saus Worcestershire, saus tomat, kaldu sapi, garam, dan lada hitam dalam sebuah mangkuk besar. Bentuk adonan menjadi 4 bagian dengan ukuran yang sama, lalu bentuk menjadi patty kasar.

  2. Panaskan mentega di atas api sedang dalam wajan berat. Panggang patties di kedua sisinya sampai kering dan berwarna kecokelatan. Setelah matang, pindahkan patties ke piring bersih.

  3. Masukkan bawang bombai ke dalam wajan yang sama. Masak bawang hingga empuk dan mulai kecoklatan.

  4. Campur air, saus tomat, saus Worcestershire, dan tepung maizena dalam sebuah mangkuk kecil. Tuang campuran ini ke dalam wajan yang berisi bawang. Aduk rata dan didihkan dengan api sedang.

  5. Kembalikan patties ke dalam wajan. Didihkan, aduk sering, sampai kuah mengental dengan konsistensi yang diinginkan. Sesuaikan bumbu jika perlu.

Dengan resep ini, Anda dapat menikmati hidangan Salisbury Steak yang lezat dan mengenyangkan. Selamat mencoba!

Baca juga: 5 Bumbu Steak Favorit yang Harus Anda Coba

Setelah mengikuti resep diatas, Anda dapat menikmati kelezatan Salisbury Steak yang sempurna, sesuai dengan selera Anda. Anda bebas bereksplorasi dengan beragam bumbu dan saus untuk menghadirkan variasi rasa yang unik. Cobalah tambahkan saus barbeku, saus pesto, atau bahkan keju feta untuk sentuhan yang berbeda.

Jika ingin menikmati hidangan Salisbury Steak yang lengkap, Anda dapat mempertimbangkan untuk menyajikannya dengan beragam pelengkap. Beberapa pilihan pelengkap yang cocok untuk disajikan bersama Salisbury Steak antara lain kentang tumbuk kuning, makaroni & keju, brussel sprout panggang, dan lain-lainnya.

Jika ingin mencoba aneka olahan seafood dengan kualitas terbaik, Anda juga bisa mengunjungi  Meatguy Steakhouse, dan nikmati pengalaman makan steak yang luar biasa dengan cita rasa asli daging yang berkualitas!

Copyrights ⓒ 2024 Meatguy Steakhouse | PT. Daging Grup Jakarta