Cara Membuat Chaliapin Steak ala Restoran Jepang, Empuk dan Lezat!

Meatguy Steakhouse by   Leo Bisma chef October 25, 2023

Chaliapin Steak merupakan sebuah hidangan unik yang mungkin belum sepopuler sajian steak Barat lainnya, tetapi memiliki tempat istimewa di dunia kuliner, khususnya di Jepang. Simak berbagai hal menarik mengenai chaiplin steak!

Cara Membuat Chaliapin Steak ala Restoran Jepang, Empuk dan Lezat!

Nama chaliapin steak berasal dari Feodor Chaliapin, seorang penyanyi opera Rusia. Konon Chaliapin pernah menginap di Hotel Imperial Tokyo dan meminta koki hotel untuk membuatkannya steak yang sangat empuk karena dia sedang sakit gigi. Koki hotel pun menciptakan steak yang direndam dalam bawang putih.

Apa Itu Chaliapin Steak?

Chaliapin steak adalah hidangan daging sapi asal Jepang yang sangat empuk. Dagingnya direndam dalam pasta bawang putih hingga menjadi sangat lembut. Kemudian daging tersebut ditumis dengan bawang bombay dan disajikan dengan saus anggur merah.

Bagaimana Sejarah Terciptanya Chaliapin Steak?

Chaliapin steak pertama kali diciptakan oleh Fukuzo Tsuji, seorang koki di Hotel Imperial Tokyo pada tahun 1936. Saat itu, penyanyi opera Rusia Feodor Chaliapin sedang menginap di hotel tersebut. Chaliapin sedang menderita sakit gigi sehingga meminta koki hotel untuk membuatkannya steak yang sangat empuk dan tidak perlu dikunyah berat.

Tsuji kemudian menciptakan steak yang direndam dalam pasta bawang putih selama beberapa jam sebelum dimasak. Cara ini membuat daging menjadi sangat empuk. Setelah ditumis dengan bawang bombay, steak ini ternyata cocok dengan selera Chaliapin. Tsuji lalu menamai steak ciptaannya dengan nama Chaliapin untuk menghormati sang penyanyi opera tersebut.

Resep chaliapin steak ini kemudian menjadi menu andalan Hotel Imperial Tokyo hingga sekarang. Steak yang lembut dengan citarasa bawang yang kuat ini kini juga populer di berbagai restoran Jepang.

Baca juga: Daging Striploin, Ini Resep, dan Tips Memasaknya!

Mengapa Chaliapin Steak Sangat Empuk?

Chaliapin steak sangat empuk karena dagingnya direndam dalam pasta bawang putih terlebih dahulu sebelum dimasak. 

Bawang putih mengandung enzim alliinase yang dapat melunakkan jaringan kolagen pada daging sehingga daging menjadi lebih empuk. Selain itu, daging juga dipukul-pukul untuk memecah serat ototnya agar lebih mudah melunak.

Jenis Daging Apa Yang Biasa Digunakan Untuk Chaliapin Steak?

Jenis daging yang umum digunakan untuk chaliapin steak adalah daging sapi bagian tenderloin atau sirloin. Daging jenis ini relatif lebih empuk dibandingkan bagian lainnya.

Selain itu, daging wagyu atau kobe beef juga cocok digunakan karena memiliki lemak yang merata sehingga rasanya lebih juicy dan empuk.

Apakah Chaliapin Steak Mudah Dibuat Di Rumah?

Secara umum, chaliapin steak cukup mudah dibuat di rumah karena bahan dan proses pembuatannya sederhana. Yang paling penting adalah merendam daging dalam bawang putih agar empuk. Selain itu, teknik memasak steaknya juga tidak susah asalkan mengikuti resep dengan benar.

Apa Saja Bumbu Yang Digunakan Untuk Chaliapin Steak?

Bumbu utama pada chaliapin steak adalah bawang putih dan bawang bombay. Bawang putih digunakan untuk merendam daging agar empuk, sementara bawang bombay ditumis bersama daging dan saus. Bumbu lainnya antara lain kecap asin, saus anggur merah, sedikit gula, dan lada hitam

Baca juga: Daging Sengkel, Karakteristik, Harga, dan Resep Masakan Khas Indonesia

Resep Chaliapin Steak dan Cara Memasaknya

Bahan-bahan:

  • 2 daging sirloin atau tenderloin, ketebalan 1-2 cm

  • 3 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang

  • 1 sdm kecap asin

  • 1 sdm saus tiram

  • 1 sdm saus tomat

  • 1 sdm madu

  • 1 sdm minyak wijen

  • Secukupnya lada hitam

  • Secukupnya garam

  • Secukupnya margarin untuk menumis

  • Pelengkap:

  • Nasi putih

  • Daun bawang, iris halus

Cara Memasak:

  1. Lumuri daging dengan lada hitam, garam, dan bawang bombay cincang. Diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap.

  2. Lelehkan margarin di wajan. Masukkan daging, masak dengan api kecil hingga daging matang sesuai selera. Angkat dan sisihkan.

  3. Tumis sisa bawang bombay cincang hingga harum. Masukkan kecap asin, saus tiram, saus tomat, madu, dan minyak wijen. Aduk rata.

  4. Masukkan daging yang sudah dimasak, aduk sebentar hingga saus melekat. Angkat.

  5. Sajikan chaliapin steak di atas nasi putih dengan taburan daun bawang.

Itulah resep lengkap chaliapin steak ala Jepang yang empuk dan lezat. Selamat mencoba!

Baca juga: Resep Bistik Daging Sapi Khas Indonesia, Empuk dan Bumbu Meresap!

Demikian artikel kali ini mengenai chaliapin steak yang legendaris dari Jepang.. Untuk Anda yang lebih mengingingkan pengalaman menyantap steak terbaik, mari kunjungi kami  di Meatguy Steakhouse dan nikmati pengalaman makan steak yang luar biasa.

Copyrights ⓒ 2024 Meatguy Steakhouse | PT. Daging Grup Jakarta